POLA DAKWAH KONTEMPORER DI EROPA, AMERIKA, DAN AUSTRALIA


Dakwah hingga hari ini tidak pernah berhenti, baik dalam bentuk tabligh, taklim, ceramah, atau dalam bentuk semangat pengalaman Islam, baik dalam skala pribadi maupun public. Mekipun gelombang penggusuran nilai-nilai Islam sangat besar dan berakibat pada melemahnya kekuatan penganutnya. Tetapi janji Allah untuk memelihara Al-Qur’an dan memenangkan Islam selalu direalisasikan dengan menyiapkan para da’I yang aktif, shaleh, peduli pada pengalaman ajaran Islam, dan bersemangat menyebarkan ajaran Islam. Merekalah yang memelihara identitas umat dihari ini. Mereka jugalah yang membangkitkan semangat umat untuk bersabar menghadapi kondisi yang belum berpihak kepada Islam.

Bentuk gerakan dakwah konteporer sangat beragam. Ada gerakan dakwah yang bersifat personal, digerakan oleh totkoh ulama dan da’I karismatik yang memiliki pengaruh besar ditengah-tengah masyarakatnya dan ada juga dakwah jamaah yang berdakwah dalam bentuk organisasi yang terstruktur rapi. Dakwah jamaah juga sangat beragam ada yang dibentuk oleh masyarakat yang peduli terhadap sesame, dan ada yang dibentuk secara resmi oleh pemerintah.

Tidak saja bentuk gerakan dakwah yang berbeda, system dan metodenya pun sangat beragam. Ada yang berusaha mendakwahkan seluruh nilai dan ajaran Islam dan ada juga yang berdakwah di sector tertentu saja. Ada yang berdakwah lewat sector pendidikan, ada yang kosentrasi dibidang tabligh, ada yang menekuni bidang pemikiran, dan ada yang berdakwah lewat lembaga sosial, politik dan lain-lain. Penentuan pilihan sector dakwah ini membuat para da’inya memiliki tingkat perhatian yang lebih terhadap segmen yang dipilihnya, dan sedikit berkurang perhatiannya terhadap sector yang lain. Pilihan sector dakwah juga membawa konsekuensi pada perbedaan system  dan metode yang diterapkan. Semua bentuk gerakan tersebut memiliki kontribusi bagi perkembangan dakwah, meskipun kadang-kadang terjadi gesekan-gesekan kurang sehat yang cukup menghambat gerak laju perkembangan dakwah.

No comments:

Post a Comment