DAKWAH PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN


Khulafaur Rasyidin adalah empat orang khalifah  (pemimpin) pertama agama Islam , yang dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad  setelah ia wafat. Empat orang tersebut adalah para sahabat dekat Muhammad  yang tercatat paling dekat dan paling dikenal dalam membela ajaran yang dibawanya di saat masa kerasulan Muhammad. Keempat khalifah tersebut dipilih bukan berdasarkan keturunannya, melainkan berdasarkan konsensus bersama umat Islam 
Secara resmi istilah Khulafaur Rasyidin merujuk pada empat orang khalifah pertama Islam, namun sebagian ulama menganggap bahwa Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang memperoleh petunjuk tidak terbatas pada keempat orang tersebut di atas, tetapi dapat mencakup pula para khalifah setelahnya yang kehidupannya benar-benar sesuai dengan petunjuk al-Quran  dan Sunnah  Nabi . Salah seorang yang oleh kesepakatan banyak ulama dapat diberi gelar khulafaur rasyidin adalah Umar bin Abdul-Aziz , khalifah Bani Umayyah  ke-8.
Ciri-ciri umum pada masa Khulafaur Rasyidin:
a.       Kader-kader menciptakan motivasi yang kuat untuk melakukan dakwah keluar jazirah Arabia. Akivitas tersebut dalam dunia Islam dikenal dengan istilah futuhal islamiyyah.
b.      Lewat pemerintahan para khalifah menentukan kebijakan dan setrategi dakwah baik untuk masyarakat islam maupun diluar islam.
c.       Futuhat Islamiyyah yang dilakukan oleh para sahabat selalu diikuti oleh perluasan pemikiran atau ilmu islam.
Diantara gerakan yang paling menonjol pada khulafah rasyidin adalah:
a.       Menjaga keutuhan Al-Qur’an al Karim dan mengumpulkannya dalam bentuk mushaf abu Bakar
b.      Memberlakukan mushaf standar pada masa Utsman bin Affan
c.       Keseriusan mereka untuk mencari dan mengajarkakn ilmu dan memerangi kebodohan berislam para penduduk negeri.
d.      Islam dalam masa awal tidak mengenal pemisahan antara dakwah dan negara, antara da’I dan panglima. Tidak dikenal orang khusus sebagai da’i.
Setelah kekhalifahan khulafaur rasyidin berakhir maka sistem khalifah diganti sistem kerajaan islam oleh bani ummayah. Khulafaur Rasyidin memiliki empat / 4 khalifah, yaitu:

1.      Abu Bakar Siddik
Masa Pemerintahan : 11 - 13 Hijriah / 632 - 634 MasehiAbu bakar sidik adalah orang yang pertama kali memeluk islam di luar keluarga / rumah tangga Rasulullah.
Prestasi Abu bakar sidik :
a)      Memperluas daerah islam
b)      Menghadapi orang murtad dan orang yang tidak membayar zakat
c)      Memberantas orang-orang yang menganggapnya beliau sebagai nabi
d)      Mengumpulkan ayat-ayat suci alquran yang disalin menjadi mushaf

2.      Umar Bin Khattab
Masa Pemerintahan : 13 - 23 H / 634 - 644 M. Beliau termasuk orang yang pertama masuk islam / Assabiquunal AwwaluunMeninggal dibunuh Abu Luk-luk dan Persia dan Yahudi
Prestasi Umar bin Khatab
a)      Perluasan daerah kekuasaan islam
b)      Membangun pemerintahan islam
c)      Mengumpulkan tulisan-tulisan ayat suci Al-Qur'an yang tersebar

3.      Utsman bin Affan
Masa Pemerintahan : 23 - 35 H / 644 - 656 MJulukan : Dzunnurain Walhijratain = Memiliki dua cahaya dan dua kali hijrah ke Habsy dan Madinah.
Prestasi Usman bin Afan :
a)      Memperluas daerah kekuasaan islam
b)      Membangun angkatan laut
c)      Penulisan ayat-ayat suci Al-Quran

4.      Ali bin Abi Thalib
Masa Pemerintahan : 36 - 41 H / 656 - 661 MSebutan lainnya adalah Sayyidina Ali, beliau adalah saudara Sepupu Nabi Muhammad SAW
Prestasi Ali bin Abi Tholib :
a)       Membasmi pembangkang kekhalifahan 
b)   Memecat gubernur yang diangkat khalifah sebelumnya

Dakwah Pada Masa Dinasti Umayah

No comments:

Post a Comment